subscribe: Posts | Comments

leader

Cara Meningkatkan SEO Website

0 comments
Cara Meningkatkan SEO Website

KhariVan Blog – Sebelum mengetahui cara untuk meningkatkan SEO website, baiknya terlebih dahulu kita mengetahui tentang pengertian SEO, dan Tujuan SEO.

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayarpencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.

Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Mohon diingat bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Inggris.

Pencapaian ranking terbaik diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan, unik, dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web Anda dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web Anda, berasal dari halaman yang kontekstual, dan berkualitas.

Sedangkan tujuan SEO yang utama, yang kita bisa lihat dan tangkap dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Indonesia, adalah terkait dengan trafik, yaitu berfokus untuk meningkatkan trafik. Dan ini adalah efek netto atau tujuan yang akan tercapai manakala tujuan dasar SEO (meningkatkan ranking) sudah tercapai.

Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:

  1. Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
    • Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).
  2. Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
    • Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).
  3. Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan

Sebagaimana Anda dipahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, maka ketiga tujuan utama SEO di atas akan mudah segera dicapai.

Cara Meningkatkan SEO Website

  1. Keyword Research, adalah mencari keyword dengan jumlah pencarian yang tinggi dengan persaingan yang bisa anda taklukkan. Dalam pemilihan Keyword. Anda harus tahu keyword yang apa yang anda incar sebagai keyword utama, dan keyword pendukung situs anda.
  2. Onpage SEO, adalah proses men-struktur halaman seperti memberi Meta description, Image Alt Tag, Title Tag, Heading Tag, dan lain-lain.
  3. Offpage SEO, adalah suatu optimasi yang anda lakukan dibelakang layar. Tidak ada pengunjung blog anda yang bisa mengetahui sepenuhnya apa yang anda lakukan. Contoh Offpage SEO adalah mencari backlink, mencari backlink bisa dengan cara berkomentar di blog dofollow, submit artikel di Social Bookmark dofollow, dan lain-lain. Anda juga harus memperhatikan kualitas backlink tersebut.

Sumber :

  1. semseomanagement.com
  2. seoterpadu.blogspot.com

 

Be Sociable, Share!
468 ad

Leave a Reply

*