subscribe: Posts | Comments

leader

Cara Mengirim Produk Makanan Beku Keluar Kota

0 comments
Cara Mengirim Produk Makanan Beku Keluar Kota

KhariVan Blog – Masalah utama yang dihadapi oleh produsen makanan beku untuk mengirimkan produk makanan bekunya ke luar daerah adalah bagaimana mengkondisikan produk tersebut agar sampai ke tangan konsumen dalam keadaan beku atau paling tidak masih dingin dan aman dikonsumsi atau dengan kata lain masih tetap terjaga rantai dinginnya.

Apa yang dimaksud dengan rantai dingin itu?. Rantai dingin adalah pemakaian es gel untuk mempertahankan suhu agar tetap dingin. Pemakaian es gel untuk mensiasati tingginya harga ice pack. Harga ice pack di pasaran bisa mencapai Rp. 50.000,-/ lembar. Tentu saja dengan harga yang tinggi tersebut, UMKM tidak mampu untuk membeli, sehingga es gel merupakan alternatif yang terbaik.

Untuk pengiriman antar pulau, pemakaian es gel hanya 20% dari total volume makanan beku yang dikirim. Produk masih bertahan bagus sampai di tujuan dalam rentang waktu 3-4 hari. Banyaknya es gel tergantung dari tingkat resiko produk dan suhu udara di luar. Es gel dapat digunakan berulang-ulang dengan cara dibekukan kembali, sehingga pemakaian es gel lebih efisien daripada es batu.

Cara Pembuatan es gel :

Pasang Banner
  1. Masak 1 kg tepung tapioka/sagu dengan 5-6 liter air sampai menjadi bubur dan mengental.
  2. Angkat bubur tapioka, masukkan minimal 250 ml cuka makan. Adu rata dinginkan.
  3. Kemas bubur tapioka dalam kemasan plastik PE (plastik gula) dan sealing atau tutup rapat.
  4. Masukan bubur kemasan ke dalam freezer. Biarkan sampai membeku. Bongkahan sebaiknya dibuat tipis dan rata sehingga mudah untuk pengiriman.

Sumber : yuyunanwar.com

Be Sociable, Share!
468 ad

Leave a Reply

*