subscribe: Posts | Comments

leader

Membangun Portal E-Learning

0 comments
Membangun Portal E-Learning

KhariVan Blog – Sebagai seorang pemula, untuk membangun portal E-Learning tidaklah harus mengeluarkan banyak dana. Sekedar untuk latihan bagaimana membangun dan merawat portal E-Learning, pada artikel berikut ini saya coba sajikan bagaimana langkah-langkah awal memulai hingga terwujud sebuah portal E-Learning.

Sekolah Gratis

Jika Anda memiliki segudang ilmu dan Anda bingung untuk mempublikasikannya, maka langkah yang tepat menurut saya adalah membangun sebuah portal E-Learning. Tidak harus sebuah institusi yang bisa membangun website E-Learning, namun juga bisa beberapa orang atau bahkan tidak menutup kemungkinan dikerjakan oleh satu orang saja. Untuk memulainya silahkan buat yang kecil-kecilan, mulai dari ilmu yang Anda miliki sendiri dan bisa Anda kembangkan dengan ilmu yang dimiliki teman Anda. Semuanya akan kita bahas dalam suatu konsep sebelum pengerjaan.

Konsep awal dari pembuatan E-learning ada yang bersifat money oriented, trial version, atau bahkan free. Jika Anda masih tergolong pemula, penulis sarankan untuk membuat portal e-learning yang berbasis free, itung-itung sebagai media promosi untuk menarik banyak pelanggan. Jika website Anda dikunjungi banyak orang dan banyak yang menggunakan atau mendwonload tutorial Anda, bisa anda kembangkan ke trial version dimana Anda cuman memberikan beberapa materi saja yang free sedangkan materi yang lain harus membayar. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda membuat yang money oriented bila pengunjung website Anda sangat banyak.

Konsep kedua yang perlu Anda rencanakan adalah bidang apa yang merupakan target sasaran Anda? Karena ini akan berpengaruh terhadap jenis file yang akan Anda letakkan di website Anda. Sebagai contoh jika Anda bergerak di bidang hukum, politik, motivasi, maka di website Anda akan lebih banyak file teks. Sebaliknya jika website Anda bergerak di bidang komputer, multimedia, grafis, maka pada website Anda akan lebih menekankan pada penggunaan file teks dan gambar juga video tutorial.

Konsep terakhir dalam pembuatan portal E-learning adalah tempat publikasi dan penyimpanan file. Apakah Anda akan menggunakan website yang berbayar, gratis, atau kedua-duanya. Pada masing-masing web server memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Dari situ juga Anda dapat menentukan software apa yang nantinya akan Anda gunakan dalam portal E-learning Anda.

Ketiga konsep ini tidak harus Anda pikirkan secara berurutan. Anda bisa mulai dari mana saja, asal ketiganya dapat Anda penuhi. Baiklah untuk lebih mudahnya langsung saja kita mencoba membuat website e-learning yang bersifat gratis. Pada website tersebut akan kita tampilkan tutorial tentang sebuah ilmu komputer, di sini nanti kita akan isi dengan video tutorial. Karena kita tujukan gratis sebagai bahan latihan, kita juga akan mencari situs yang tidak berbayar juga alias gratis.

Sebelum kita mulai pada langkah praktikum, kita tentukan dulu garis besar tutorial ini.

  1. Membuat weblog di wordpress
  2. Membuat materi video tutorial dengan berbagai software
  3. Mengupload file video ke internet

  1. Membuat weblog

Di internet banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas weblog yang mana weblog ini akan kita gunakan sebagai media promosi kita, tempat menyimpan file video. Dalam kesempatan kali ini penulis mencoba memilih wordpress karena selain mudah pengoperasiannya, wordpress memiliki banyak theme atau template. Selain itu di wordpress terdapat failitas untuk login multi user. Fasilitas ini yang bisa Anda gunakan agar teman Anda bisa login sebagai kontributor naskah ataupun editing naskah. Dengan fasilitas ini portal E-learning Anda dapat dikerjakan lebih dari 1 orang dalam jarak yang berjauhan.

  1. Masuklah ke dalam situs wordpress yang beralamat di www.wordpress.com
  2. Mendaftarlah dengan megklik tombol sign up now
  3. Lengkapilah formulir yang disediakan dengan mengisikan username, password, dan alamat email, lalu tekan tombol Next
  4. Blog domain Anda isikan dengan nama yang akan Anda jadikan alamat seubdomain Anda. Nama ini yang nantinya akan menjadi alamat blog Anda, misal www.totalvideo.blogspot.com. Klik tombol signup jika sudah selesai, dan kalimat untuk blog title bisa kita edit nantinya
  5. Selesai sudah dan account Anda sudah aktif. Semua informasi berkenaan dengan posting, editing, login dan lainnya dikirim melalui email Anda. Sekarang klik change your template untuk mengubah tampilan pada blog Anda
  6. Pilih salah satu template dengan cara mengklik gambar yang sesuai dengan selera Anda. Jika sudah klik tombol Activate this template
  7. Selesai sudah Anda membuat weblog. Sekarang silahkan Anda isi dengan tutorial Anda baik yang berbentuk teks ataupun video. Untuk menyisipkan file video dari youtube, lihat pada langkah 7 mendaftar di youtube

  1. Membuat materi dengan Video Tutorial

Dalam pembuatan video tutorial ini terdapat beberapa output yang bisa kita gunakan, diantaranya output dalam format AVI, 3GP, MOV, atau file SWF (shockwave flash). Berbagai macam output tersebut bisa kita sisipkan ke dalam halaman website kita. Kita bisa menentukan apakah nantinya file video tersebut kita buat streaming seperti youtube yang sering digunakan orang ataukan kita mengharuskan orang yang berkunjung ke website kita untuk mendownload file video yang kita sisipkan di website.

Pasang Banner

Software Screen Record

Karena kita akan mambuat video tutorial, khususnya untuk tutorial komputer, kita membutuhkan sebuah software untuk merekam (screen record) gerakan kita di komputer. Ada banyak software yang bis gunakan mulai dari yang gratis hingga yang membayar. Anda bisa menggunakan camstudio sebagai alternatif gratis yang bisa Anda download pada situs www.camstudio.org. Bisa juga Anda mencoba 30 days trial versionnya Snag It pada situs www.techsmith.com. Untuk beberapa software screen record, bisa Anda cari di internet dengan keyword ”video capture” dan Anda akan menemukan puluhan bahkan ratusan file di sana. Masing-masing software memberikan penawaran output yang berbeda-beda, ada yang menawarkan output avi, mov, swf, dan sebagainya.

  1. Upload File Video ke Internet

Setelah selesai Anda melakukan pembuatan video tutorial, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk meletakkannya pada website Anda. Pertama Anda bisa menyisipkan file video tersebut jadi satu ke dalam weblog Anda. Dengan kata lain untuk dapat menikmati video tutorial, pengunjung harus terlebih dahulu mendownload file video Anda. Cara kedua adalah meletakkanya pada situs youtube dengan kata lain pengunjung yang ingin menikmati video tutorial Anda bisa melihat lansung secara streaming.

Menyisipkan link download (video tutorial) pada weblog

Agar file video Anda dapat didownload oleh pengunjung weblog Anda, maka Anda harus meletakkannya pada server lain karena di wordpress tidak menyediakan fasilitas untuk menyimpan file video. Anda bisa mendaftar pada situs hosting gratis seperti www.bravenet.com. Untuk pilihan-pilihan webhosting yang gratis, silahkan Anda search dengan keyword ”free web hosting”.

Baiklah sekarang kita coba untuk registrasi pada situs bravenet dan mengupload file ke dalamnya. Banyak sekali fasilitas yang diberikan oleh bravenet, salah satunya adalah FTP dan short URL. Untuk langkah registrasinya hampir sama dengan proses registrasi weblog Anda. Silahkan Anda masuk pada situs www.bravenet.com untuk memulai registrasi (jika anda kesulitan dalam proses registrasi, silahkan melihat di situs http://myowntutorial.co.nr/). Setelah Anda registrasi, sekarang kita coba langsung mengupload file video ke dalam hosting bravenet.

  1. Jalankan file FTP Anda
  2. Untuk host, username dan password sesuaikan dengan account Anda.
  3. Jika Anda sudah berhasil login, drag file video Anda ke server bravenet
  4. Bila sudah Anda copy alamat URL file video tersebut
  5. Dalam wordpress, teks Anda kasih hyperlink yang mengarah pada file video (misal pada contoh http://freemagz.bravehost.com/video/insertingvideo.avi)

 

Menyisipkan Video Tutorial pada youtube (streaming)

File video nantinya akan kita letakkan pada server luar weblog kita, yaitu youtube. Untuk mendapatkan account youtube, ikutilah langkah2 di bawah ini

  1. Buka alamat www.youtube.com
  2. Klik tombol signup dan isikan semua form pendaftarannya
  3. Setelah selesai, buka Emial Anda untuk aktifasi account youtube
  4. Pastikan Anda sudah login pada ID Youtube Anda
  5. Klik tombol upload untuk mengupload file video Anda
  6. Jika Anda sudah menguplaodnya, copykan URL yang ingin Anda sisipkan pada halaman weblog wordpress Anda

Untuk menyisipkan file video dari youtube, masukkan URL youtube dan copykan pada tab Videos yang terdapat di bagian bawah posting anda. Tutorial videonya bisa Anda lihat pada alamat  http://myowntutorial.co.nr/. Dalam weblog itu adalah salah satu contoh menyisipkan file video dari youtube ke dalam weblog wordpress Anda. Penulis persilahkan jika Anda hendak mengcopy kode tersebut.

Sumber : Andi Pramono – Membangun Portal E-Learning

Be Sociable, Share!
468 ad

Leave a Reply

*